.quickedit{ display:none; }
Selamat Datang di kgderis.blogspot.com

Pages

Kamis, 03 September 2009

Apakah 3G dan GSM itu?


Sekarang ini semakin banyak saja perangkat elektronik atau gadget dan lebih spesifiknya handphone yang sudah support 3G. Banyak sekali fasilitas yang dimiliki oleh handphone yang sanggup "membawa" fitur 3G. Nah, apakah Anda tahu apa itu 3G? Barangkali banyak masyarakat kita terutama masyarakat Indonesia yang sudah memiliki handphone 3G dan barangkali pula sudah sering menggunakan fitur 3G ini tetapi tidak tahu definisi sebenarnya tentang 3G. Jika Anda salah satu dari sekian banyak orang tersebut, silahkan simak sedikit ulasan pada blog ini.

Secara sederhana 3G merupakan jaringan broadband untuk telepon seluler. 3G menawarkan suara, gambar statis dan bergerak, email, akses internet cepat, dan lain-lain dalam satu perangkat genggam.

3G merupakan kependekan dari Third Generation, yaitu sebuah istilah bersama untuk prosedur, standar, dan perangkat komunikasi baru yang memberikan peningkatan kecepatan dan kualitas layanan komunikasi bergerak. 3G muncul dengan sebuah perangkat yang memadukan fungsi ponsel dengan PDA dan PC.

Perangkat 3G secara umum mempunyai kemampuan transmisi yang besar, baik dalam kecepatan maupun kapasitas dari pendahulunya. Pada kenyataannya pesawat 3G mampu mengirimkan data hingga 384 Kbps dalam keadaan bergerak atau 2 Mbps dalam keadaan berdiri diam, yang berarti jauh lebih cepat daripada kebanyakan koneksi broadband rumahan.

Sebagai perbandingan GSM mampu mengirimkan data hingga 14,4 Kbps, dan GPRS berkisar 53,6 Kbps dengan kecepatan maksimum secara teoritis hingga 171,2 Kbps dengan menggunakan kedelapan timeslotnya secara bersamaan. Sementara itu EDGE(Enhanced Data Rates for Global Evolution) yang sering disebut-sebut sebagai generasi 2,5 dan 2,75 (2,5G dan 2,75G) juga dengan kondisi kedelapan timeslotnya aktif mampu melaju dengan 473,6 Kbps. Dan dalam prakteknya kecepatan yang diperoleh dari GPRS berkisar 50 Kbps dan EDGE mencapai 115 Kbps.

Perbedaan 3G dan GSM
Seringkali masyarakat tidak mengetahui perbedaan antara 3G dan GSM secara ilmiah atau teoritis, dan berikut ini adalah perbedaan antara keduanya:

GSM
GSM dapat dianalogikan seperti berikut: Jika terdapat dua ponsel yang digunakan untuk saling berbicara maka masing-masing membuka satu hubungan gelombang radio yang permanen. Tidak ada perbedaan antara saat berbicara, mendengar, atau keduanya diam. Hubungan kedua ponsel akan terbuka secara permanen.

3G
Sedangkan pada 3G, pembicaraan akan dipecah dalam paket-paket kecil, kemudian menandainya dan mengirimkannya melalui gelombang radio. Metode transmisi data seperti ini dapat menghemat bandwidth karena tidak membutuhkan hubungan yang permanen sehingga memungkinkan data-data dalam ukuran besar(gambar, suara, dan video) dapat terangkut dengan cepat.

Keunggulan 3G
Penggunaan bandwidth yang efisien
Hal ini seperti pada penjelasan diatas.

Komunikasi kapan saja dan dimana saja
Dengan 3G Anda dapat melakukan dan menerima panggilan telepon dan faks, mengirim dan membaca email dengan attachment(lampiran) yang besar.

Akses internet berkecepatan tinggi.
Anda dapat memanfaatkan 3G untuk akses internet dengan kecepatan tinggi, serta meng-upload dan mendownload file berukuran besar, dan lain-lain.

Video Conference
3G memberikan kemudahan dalam melakukan video conference dengan endpoint langsung dari pesawat 3G Anda.

Informasi dalam genggaman
Sekarang ini banyak sekali pesawat 3G yang memberikan fitur navigasi, peta digital, dan dapat menerima siaran televisi digital langsung dari 3G Anda.

Dengan semakin dibutuhkannya sebuah informasi maka saya yakin kedepan 3G akan semakin digunakan dan bahkan akan ditemukan lagi akses data dengan kecepatan melebihi 3G seperti sekarang ini yang sudah mulai diperkenalkan 3,5G. Cheer...

0 komentar:

Posting Komentar