.quickedit{ display:none; }
Selamat Datang di kgderis.blogspot.com

Pages

Rabu, 06 April 2011

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Syekh Nurjati Cirebon di Desa Gununglarang

SELAMAT JALAN UNTUK PESERTA KKN IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Tidak terasa, 38 hari sudah peserta KKN dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon melaksanakan tugasnya mengabdikan dirinya kepada masyarakat Desa Gununglarang. Semenjak kedatangannya, mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke Desa Gununglarang untuk melaksanakan tugas KKN-nya, telah begitu banyak memberikan sumbangsih dalam upaya perubahan pola pikir (mind set) masyarakat terhadap betapa pentingnya nilai-nilai pendidikan agama semenjak dini diberikan kepada anak-anak.

IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang pada awalnya adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Cirebon kemudian secara resmi berganti nama menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, Sabtu (9/1), memang memiliki Visi dan Misi yang sangat cocok dalam upaya pemberdayaan masyarakat dalam merubah pola pikir (mind set) masyarakat.

Berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh peserta KKN antara lain :
(a) Mapping area, (b) Memfasilitasi terselenggaranya kembali MD yang sudah lama berhenti, (c) Memfasilitasi berjalannya kembali pendidikan di Pondok Pesantren Riyadlotul Muta'alimin, (d) Memfasilitasi pemilihan Ketua Karang Taruna Desa, (e) Mengadakan syafari shalat berjamaah, (f) Mengisi pengajian-pengajian di Mesjid dan Mushola, (g) Mengadakan turnamen tenis meja antar blok yang ada di desa Gununglarang, (h) Mengadakan Tabligh Akbar, (i) Mengadakan lomba-lomba keagamaan dan umum, antara lain; Lomba Cerdas cermat, Lomba Adzan, Hapalan Surat-surat pendek, hapalan do'a sehari-hari, lomba musabaqoh tilawatil Qur'an, dan lain-lain.

Secara umum kegiatan mereka dapat berjalan dengan baik karena mereka mampu menjalin persaudaraan dan tali ukhuwah dengan masyarakat yang ada di Gununglarang. Seperti dengan Kuwu (Kepala Desa), Badan Perwakilan Masyarakat (BPD), Lembaga Perwakilan Masyarakat (LPM), Tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh Pemuda (Topem), dan lain sebagainya.

Bahkan diakhir pertemuan mereka dengan masyakat, pada acara Temu Pisah atau izin pamit yang diselenggarakan pada malam Senin, 04 April 2010 kemarin, mereka memberikan kenang-kenangan kepada semua Mushola yang ada di Gununglarang, kenang-kenangan untuk Masjid Jam'i Ataqwa Gununglarang, serta memberikan pakaian batik khas Cirebon kepada semua tokoh dan aparat desa Gununglarang.

Akhirnya, semoga semua amal baik yang telah mereka kerjakan di Desa Gununglarang dalam upaya mencapai gelar Sarjana Pendidikan Agama Islamnya dapat dibalas dengan balasan yang lebih baik oleh Yang Maha Kuasa, Allah SWT. Amin...

----------------------------
Buat yang mau nengok foto-foto kegiatan IAIN Syekh Nurjati Cirebon di Desa Gununglarang, klik di sini.


0 komentar:

Posting Komentar